Tips Mencegah Gigi Keropos Paling Di Rekomendasikan

Siapa sih yang ingin jika giginya mengalami pengeroposan. Tentunya semua orang tidak ingin hal tersebut terjadi apalagi menyangkut pada gigi. Jika benar hal tersebut tidak ingin anda alami, salah satu caranya yaitu anda harus mencegahnya sejak dini agar gigi anda kuat dan tidak terjadi keropos.

Tips mencegah gigi keropos paling di rekomendasikan | Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia yang lebih tepatnya berada di kota tasikmalaya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi penting seputar tips mencegah gigi keropos paling di rekomendasikan .

Bagaimana Keropos Gigi Bisa Terjadi ?

tips-mencegah-gigi-keroposGigi keropos terjadi karena enamel atau email gigi sudah mengalami kerapuhan. Seseorang yang mengalami masalah pencernaan, mulut kering, pola makan yang kurang tepat, atau stres berkepanjangan akan cenderung mengalami berbagai masalah gigi, seperti gigi berlubang, gigi sensitif, termasuk gigi keropos.

Fungsi enamel adalah untuk melindungi gigi dari suhu panas atau dingin dari makanan yang dikonsumsi. Enamel juga mencegah gigi rusak terkena zat asam atau kimia. Enamel sebagai lapisan terluar dari gigi mampu melakukan fungsinya karena merupakan bagian tubuh manusia yang paling kuat. Namun, ketika zat-zat pengikis terus menggerus gigi, enamel sangat mungkin menjadi berlubang. Melalui lubang tersebut, zat-zat di dalam mulut bisa masuk dan merusak gigi.

Baca juga | Berbagai Manfaat Buah Siwalan Untuk Kesehatan

Gigi rapuh dan keropos berkaitan dengan karies gigi. Karies gigi terjadi akibat adanya ketidsakseimbangan proses pelepasan mineral (deminerlisasi) dari gigi dengan pengembalian mineral dalam gigi. Adanya hubungan sebab-akibat terjadinya karies, diidentifikasi sebagai faktor risiko karies. Beberapa faktor yang dianggap sebagai faktor karies yaitu:

1. Pengalaman karies yang kemungkinan besar mengembangkan karies di masa depan.

2. Kandungan fluor dalam makanan dan minuman yang berlebihan dapat mengakibatkan fluorosis (gigi dengan bercak putih).
3. Kondisi mulut yang kotor seperti plak yang tidak dibersihkan atau sisa-sisa makanan yang masih tertinggal di sela-sela gigi dapat memicu terjadinya karies.

4. Kolonisasi bakteri di dalam mulut disebabkan transmisi antar manusia, yang paling banyak dari ibu atau ayah.

5. Air liur berfungsi sebagai penetral asam dan membersihkan sisa-sisa makanan dalam mulut. Bila air liurnya berkurang maka karier bisa meningkat tajam.

6. Setiap kali seseorang mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat, maka beberapa bakteri penyebab karies di rongga mulut akan mulai memproduksi asam sehingga terjadi pelepasan mineral dari gigi yang berlangsung selama 20-30 menit setelah makan.

Lalu Bagaimana Cara Mencegah Hal Tersebut ?

Jika anda tidak ingin memiliki gigi keropos yang nantinya dapat menyebabkan gigi berlubang, ada kebiasaan-kebiasaan baru yang bisa dilakukan. Kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah:

  • Memenuhi kebutuhan nutrisi

Enamel dapat menjadi lebih kuat jika anda rutin mengonsumsi nutrisi yang tepat. Mulailah rutin mengonsumsi susu, makanan sumber protein, dan sayuran berdaun gelap, dan mengutamakan minum air putih secukupnya daripada minuman bersoda atau jus buah.

  • Memperhatikan makanan sehari-hari

Untuk menjaga enamel tetap sehat, hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang terasa asam dan manis, termasuk berbahan dasar tepung. Makanan-makanan tersebut mudah mengundang bakteri pada gigi dan akhirnya menyerang enamel. Selain menjadikan gigi terasa kasar, bakteri akan menyebabkan gigi kehilangan enamel, menjadi lebih sensitif, dan berubah warna.

  • Bersihkan gigi dengan produk kebersihan mengandung fluoride

Fluoride bersifat membantu pengerasan enamel jika digunakan sebagai bagian dari perawatan sehari-hari. Fluoride bisa didapatkan dari pasta gigi. Gosok gigi Anda dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride selama dua menit tiap hari. Anda juga bisa mendapatkan fluoride dari obat kumur. Meminum air putih yang mengandung fluoride juga dapat menjadi pilihan.

  • Mengunyah permen karet

Jangan remehkan permen karet karena permen karet yang mengandung xylitol dengan pemanis alami dapat membantu mengeraskan enamel sehingga bisa mencegah gigi keropos. Pastikan Anda memilih permen karet tanpa gula agar tidak mudah mengundang kemunculan bakteri di dalam mulut.

Jika anda ingin mengetahui artikel kesehatan yang kami kutip lainnya, anda bisa mengunjungi alamat website resmi kami di https://obatgangguanhormonalwanita.wordpress.com/ , dalam artikel sederhana ini tidak hanya produk herbal saja yang di kutip namun ada beberapa panduan kesehatan yang insyaalloh akan berguna untuk kita semua. Dan itulah yang dapat kami sampaikan, terimakasih atas kunjungan dan perhatiannya. Salam Sehat!

Tips Mencegah Gigi Keropos Paling Di Rekomendasikan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s