Nilai Gizi Ikan Sarden Bagi Kesehatan Tubuh

Ketahui Nilai Gizi Ikan Sarden Bagi Kesehatan Tubuh

Nilai gizi ikan sarden bagi kesehatan tubuh yang tanpa kandungan lemak tinggi membuatnya sangat berguna bagi tubuh kita.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal, yang dalam kesempatan kali ini kami akan posting nilai gizi ikan sarden bagi kesehatan tubuh.

Nilah gizi ikan sarden bagi kesehatan | Manfaat ikan sarden bagi kesehatan meliputi pencegahan penyakit jantung, beberapa jenis kanker dan degenerasi makula atau kondisi yang terkait usia. Makan Ikan sarden dapat membantu untuk menguatkan tulang, membangun sistem kekebalan tubuh, resistensi insulin dan peremajaan kulit. Nutrisi yang ditemukan dalam ikan sarden bertanggung jawab atas manfaat kesehatan yang begitu besar.

Beberapa spesies dibawah sarden yang paling populer adalah sarden sardina, Sardinop, sardinella, dussumieria, dll. Ikan ini banyak ditemukan di samudera Atlantik, Samudra Pasifik dan laut Mediterania. Menurut sebuah laporan, dalam beberapa tahun terakhir, sarden merupakan yang terbesar dari panen ikan di seluruh dunia.

Sarden dengan versi kalengan telah diperkenalkan pada abad ke-18 awal di Eropa. Sarden perlahan menyebar ke Amerika,  di mana ia menjadi sangat populer pada akhir abad 19 dan awal abad ke-20. Konsep ikan kaleng menjadi populer di Amerika Serikat, banyak orang berpendapat bahwa itu sebagai salah satu cara terbaik untuk menyimpan makanan.

Fakta Kandungan Gizi Ikan Sarden

nilai gizi ikan sarden bagi kesehatan tubuhSarden kalengan mengandung energi, protein, lipid atau lemak, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium dan seng. Vitamin dalam sarden meliputi thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin B12, A, D, E dan vitamin K. asam lemak yang ditemukan dalam ikan sarden termasuk lemak total yang jenuh, lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda dan kolesterol.

Asam lemak, vitamin dan mineral dapat membantu dalam pencegahan berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Manfaat ikan sarden bagi kesehatan tubuh

Kehadiran zat gizi makro dan mikro-nutrisi dalam ikan sarden yang tanpa kandungan lemak yang tinggi membuatnya sangat berguna bagi tubuh kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat ikan sarden:

  • Kandungan Lemak Tak Jenuh yang Tinggi
    Sekaleng sarden seukuran 3,75 ons mengandung 10,53 g lemak dan sekitar 9 g di antaranya adalah lemah tak jenuh yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung. Secara khusus, fungsi lemak tak jenuh adalah menghindarkan pembekuan darah,, meningkatkan kadar kolesterol baik, serta menurunkan tekanan darah tinggi; tiga keluhan yang berkait erat dengan gangguan jantung.

Fungsi mengurangi resiko gangguan jantung ini juga diperkuat dengan kandungan lain dalam ikan sarden, yakni omega-3. Lain dari itu, lemak dalam ikan sarden juga berperan penting pada tingkat sel sehingga berfungsi menghaluskan kulit serta membuatnya lebih sehat, lembut dan tampak muda. Sementara itu, lemak jenuh berbahaya bagi kesehatan karena dapat meningkatkan potensi degenerasi makula karena usia.

Porsi lemak jenuh yang sedikit tersebut ditekan oleh lemak tak jenuh dalam takaran yang jauh lebih tinggi sehingga ikan sarden dapat mencegah terjadinya degenerasi makula yang umumnya muncul di usia 50 tahun ke atas.

  • Omega-3
    Dalam menangkal terjadinya gangguan jantung, cara kerja omega 3 dalam ikan sarden adalah dengan menghancurkan dan memecah kolestrol jahat LDL. Selain itu, kandungan omega-3 (sekitar 1 hingga 1,7 gr) dalam ikan sarden juga memberi asupan yang berharga untuk otak sehingga dapat memaksimalkan memori dan kinerja otak.

Manfaat Omega 3 di sisi lain juga mengatasi gangguan peradangan dan keluhan-keluhan seputar persendian sehingga ikan jenis ini sangat cocok dikonsumsi mereka yang membutuhkan konsentrasi tinggi serta memiliki atau berpotensi mengalami gangguan persendian, seperti pekerja fisik, atlet dan lain sebagainya. Fungsi lain dari zat ini adalah membersihkan plak yang biasa muncul dalam arteri sehingga dapat mengontrol tekanan darah serta meningkatkan metabolisme tubuh.

  • Vitamin A, B 12 dan D
    Kadar vitamin A berupa niacin dalam ikan sarden tergolong cukup minim, akan tetapi porsi tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk fungsi dasar dan normal mata Anda. Manfaat vitamin A termasuk mengurangi potensi degenerasi makula dan retina yang dapat mengurangi ketajaman penglihatan akibat usia.

Adapun manfaat vitamin B 12 yang memproduksi sel darah merah, dengan kandungan yang cukup besar, bersama lemak tak jenuh dan omega 3, berfungsi menyehatkan kardiovaskular dengan memelihara kesehatan jantung dan menghindarkan pembekuan darah. Ini juga berkait erat dengan sistem kesehatan syaraf. Sementara itu, manfaat vitamin D dalam ikan sarden berfungsi , mempercepat penyerapan kalsium dan menguatkan tulang dan
gigi, serta menjauhkan potensi kanker usus besar.

  • Mencegah pembekuan darah
    Gumpalan darah dalam arteri bisa berbahaya untuk sistem jantung. Asupan lemak omega-3, yang dapat ditemukan dalam ikan seperti ikan sarden, baik untuk jantung karena membantu dalam mengurangi kolesterol dan tekanan darah dan pada gilirannya akan menguntungkan kesehatan jantung .
  • Mengurangi risiko degenerasi makula yang terkait usia
    Degenerasi makula terkait usia(AMD) adalah suatu kondisi yang biasanya terlihat di antara orang berusia 50 atau lebih,  makula dan degenerasi retina adalah kehilangan daya penglihatan. Studi terbaru menunjukkan bahwa makan ikan, terutama ikan seperti sarden, mengurangi risiko mengembangkan AMD. Di sisi lain, makan lemak biasa atau lemak jenuh dapat meningkatkan risiko mengembangkan AMD.
  • Sifat anti-kanker
    Penelitian tentang Kanker telah menunjukkan bahwa asupan kalsium dan vitamin D dapat sangat membantu dalam mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker kolorektal. Dan sarden adalah salah satu sumber terbaik kalsium dan vitamin D.
  • Memperkuat tulang
    Seperti disebutkan, sarden adalah sumber kalsium yang baik, dan asupan kalsium teratur membantu dalam memperkuat tulang. Baik jumlah pasokan kalsium ditambah dengan olahraga dapat memperkuat tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis di masa depan.
  • Sistem kekebalan tubuh yang sehat
    Mengkonsumsi sarden dapat membantu dalam membangun sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan sarden dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan jalan meningkatkan jumlah sel-sel kekebalan.
  • Kulit yang sehat
    Siapa yang tidak ingin kulit sehat dan bersinar? Lemak penting yang ditemukan dalam ikan sarden berperan penting pada tingkat sel dalam sel kulit. Ini tidak hanya mengurangi peradangan kulit, tetapi juga akan membuat kulit lebih indah.
  • Resistensi insulin
    Resistensi insulin merupakan salah satu faktor utama yang harus dicari dalam diabetes. Dalam kasus di mana ada resistensi insulin, insulin yang dihasilkan dalam tubuh menjadi kurang efisien digunakan. Ini pada akhirnya  berarti bahwa glukosa dalam darah lebih tinggi dari biasanya seharusnya. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa resistensi insulin dapat dikurangi dengan mengkonsumsi ikan sarden, protein yang ditemukan dalam ikan sarden telah terbukti efektif dalam mengurangi resistensi insulin, jika dibandingkan dengan protein kasein.
  • Zat Antioksidan
    Sarden mengandung selenium yang membantu untuk menangkal radikal bebas dan melindungi organ dari kerusakan.
  • Kaya protein
    Sarden adalah pemasok protein yang baik. Protein yang terdiri dari asam amino yang merupakan blok bangunan yang penting dari kehidupan. Protein yang kita makan dipecah menjadi asam amino yang digunakan oleh tubuh kita untuk membangun otot.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai nilai gizi ikan sarden bagi kesehatan. Semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Terus kunjungi situs https://obatgangguanhormonalwanita.wordpress.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Kebiasaan Sepele Yang Membuat Cepat Tua

Nilai Gizi Ikan Sarden Bagi Kesehatan Tubuh

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s